Jumat, 27 November 2015

PERINGATAN HARI JADI PGRI KE-70 BERSAMA MASYARAKAT KECAMATAN GEMPOL


PGRI lahir pada 25 November 1945, setelah 100 hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Cikal bakal organisasi PGRI adalah diawali dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912, kemudian berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) tahun 1932.

Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 – 25 November 1945 di Surakarta. Melalaui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan.  Mereka adalah – guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan  Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 – seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Setiap tahun hari jadi PGRI di peringati dengan berbagai macam acara,kali ini tahun 2015 Kecamatan Gempol memperingati Hari Jadi PGRI dengan berjalan santai bersama. Mulai dari kalangan siswa siswi SD,SMP,SMK dan tentunya para guru yang ada di Kecamatan Gempol tumpah ruah di Lapangan Kepulungan yang merupakan Start dan Finish acara tersebut.Bukan hanya dari kalangan pendidikan saja,instansi pemerintahan seperti para staf kecamatan dan Desa juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.Tidak ketinggalan masyarakat Desa Carat dan KIM Pecinan Desa Carat juga mengikuti jalan santai tersebut.Dan kebetulan hadiah utama acara tersebut sepeda motor dimenangkan oleh Kepala Sekolah SDN Carat II yaitu Bapak Nurul Hudi.  
Inilah ekspresi keceriaan anggota KIM Pecinan dan masyarakat Desa Carat Saat mengikuti jalan santai peringatan Hari Jadi PGRI ke-70.

Dokumentasi KIM Pecinan Desa Carat Dalam Rangka Memperingati Acara Hari Jadi PGRI ke-70 di Desa Kepulungan Kec.Gempol Kab.Pasuruan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar